Kamis, 12 Maret 2015

PRINSIP USABILITY

Pada bahasan kali ini saya akan membahas mengenai Prinsip Usability, mari kita lihat pembahasanya dibawah ini.

USABILITY

Usability merupakan ilmu dari Interaksi Manusia & Komputer yang merupakan masalah optimalisasi penggunaan sistem oleh pengguna, agar dapat diperdayakan secara maksimal oleh pengguna. Jadi inti nya, bagaimana kita bisa memberdayakan secara maksimal dengan sistem yang ada.
Jika saya lihat dalam contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari saya yang berkaitan dengan usability yaitu istem android. Saya mempunya smartphone android dengan kapasitas internal hanya berapa ratus MB dan itu juga sudah terpakai sebagian oleh system hingga tersisa 100an MB, tentu untuk ukuran smartphone itu sangatlah tidak cukup sehingga kita bisa memberdayakan rooting untuk gadget ini. Dengan rooting, internal yang semula hanya 100an MB bisa Up hingga 2 GB dan tentu itu sangat menggembirakan. Kok bisa jadi gede gitu internal nya ?   yaa itu karena penyimpanan dalam internal sebagian besar dialihkan ke eksternal dengan menggunakan rooting sehingga kita bisa menggunakan smartphone ini dengan maksimal.

Agar para pengguna bisa paham dengan baik dengan Usability, diperlukan prinsip sebagai berikut :

1.) Learnability, dimana seorang pengguna pemula dapat mempelajari sistem dan bisa memanfaatkan sistem secara optimal, agar para pengguna bisa memakai sistem secara keseluruhan.

2.) Flexibility, bisa dikatakan sistem yang dianggap memenuhi usability, dan bisa diharapkan dapat dioperasikan dengan prosedur yang tidak biasa.

3.) Robustness yaitu kehandalan sebuah sistem dalam mencapai tujuan khususnya dari sudut pandang pengguna.

Dalam Usability, kemampuan manusia bisa dibagi menjadi 2, yaitu baik dan buruk

Kategori Baik :
a. Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
b. Durasi LTM tidak terbatas dan complex
c. Kemampuan memahami tinggi
d. Mekanisme konsentrasi powerful
e. Pengenalan pola pikir powerful

Kategori Buruk :
a. Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
b. Durasi STM terbatas
c. Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
d. Proses yang cenderung salah
e. Proses yang lambat

USER CENTERED DESIGN (USD)
User Centered Design (USD) atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan perancangan berbasis pengguna adalah suatu filosofi manusia dalam merancang sistem Istilah lain yang pernah digunakan digunakan adalah human factors engineering, ergonomics engineering, usability engineering, user engineering. Konsep dari UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna.

KAPASISTAS MANUSIA

·         MATA (penglihatan)
Mata merupakan alat indra yang penting. Penglihatan manusia merupakan hal yang kompleks dengan batasan fisik dan persepsi dan menjadi sumber utama informasi.

·         TELINGA (pendengaran)
Telinga berguna untuk mendengar suara dari sekeliling kita. Proses mendengat diawali dengan adanya getaran di udara atau dikenal sebagai gelombang suara.

·         PERABA (Touch)
Dari indra perabaan, kita dapat mengetahui tentang kondisi lingkungan disekitar kita apakah sesuatu itu halus atau kasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar