Kamis, 12 Maret 2015

MENGENALI INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

Hay guyz, bertemu dengan saya lagi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang seluk beluk dari IMK (Interaksi Manusia & Komputer) .  Untuk lebih jelasnya mari kita lihat Penjelasan dibawah ini.

Pada zaman sekarang ini, hal seperti interaksi manusia dengan komputer sudah banyak kita jumpai , mengapa demikian ?  ini merupakan hal yang wajar jika kita lihat dari sisi perkembangan teknlogi masa kini. jika dulu orang menggunakan Telepon Genggam hanya bisa untuk menelepon dan mengSMS orang lain, dimasa kini Telepon Genggam sudah mengggunakan fitur internet yang memungkinkan kita berinteraksi dengan orang dibelahan dunia lain. Bahkan HP(handphone) jaman sekarang lebih terlihat seperti (Komputer Genggam) jika dilihat dari sisi kecanggihanya, yaa…  walaupun sama-sama digenggam. Hehehe,,,

Menurut pengertian dari blog lain, Interaksi manusia dan komputer (IMK)  adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia . secara gampangnya IMK ini merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana manusia bisa membuat rancangan sistem komputer melalui serangkaian percobaan agar banyak orang bisa memahami dan mudah berinteraksi dengan komputer itu sendiri.

Awal muncul sejarah IMk ini dimulai pada Tahun 1950-an,pertama kali diperkenalkan secara komersil. Lalu pada Tahun 1970-an. Komputer pribadi(PC), maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru (pendidikan, perdagangan, perusahaan dll) dan muncul isu teknik antarmuka pengguna (userinterface). Dan pada Pada tahun 1980an. Pertengahan baru di perkenalkan istilah IMK.

Jika ditanya siapa saja yang terlibat dalam IMK ini,maka jawabanya ada 3
1.) Pengguna (kita sendiri)
2.) Sistem
3.)Interaksi

Saya akan berikan contoh mudahnya agar lebih gampang dipahami. Jika anda berkunjung ke sebuah mini market, maka anda akan membayar barang belanjaan anda dikasir, maka sang penjaga kasir (pengguna) akan menginput harga-harga barang belanjaan yang selanjutnya akan diatur oleh (Sistem) yang pada akhirnya akan terjadi (Interaksi) pembayaran belanjaan.

Konsep dasar IMK ada 2 :
1.) Untuk membantu dari Segi kemudahan penggunaan
2. Untuk membantu dari Segi keindahan

Tujuanya :
1. menghasilkan sistem yang dapat di gunakan (Usable)
2. Memiliki manfaat (Useful)
3. Ramah terhadap pengguna (User Friendly)

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari bahasan adalah, bahwa iMK merupaka ilmu yang bermanfaat yang mengajari kita tentang bagaiamana manusia bisa merancang komputer dengan system yang sudah diatur dengan Interface(tatap muka) yang  friendly, sehingga pengguna komputer lain dapat memahami dengan mudah rancangan komputer tersebut.

Sampai sini dulu bahasan saya tentang IMK, kiranya ilmu yang ada di artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar